Kenali 4 Kandungan Pada Minyak Alpukat Sebagai Bahan Masker Wajah

Alpukat yang berwarna hijau dengan daging buahnya yang tebal sejak dulu telah dikenal dengan buah yang memiliki beragam manfaat dan khasiat. Buah yang awalnya tumbuh di daerah Mexico dengan nama latin Persea Americana ini memiliki kulit buah yang lembut namun tak rata, berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya.

Daging buahnya bertekstur lembut dan berwarna hijau muda pada bagian dekat kulit serta berwarna kuning muda pada bagian dekat biji. Selain itu, daging buahnya dapat dijadikan hidangan serta menjadi bahan dasar untuk beberapa produk kosmetik dan kecantikan seperti masker wajah.

Kenali 4 Kandungan Pada Minyak Alpukat Sebagai Bahan Masker Wajah

Lalu bagaimana dengan minyak alpukat? Minyak alpukat merupakan sejenis minyak esensial yang dibuat dari olahan buah alpukat yang diekstraksi dan disaring untuk diambil minyaknya.

Saat ini minyak alpukat merupakan salah satu produk minyak esensial yang populer digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan wajah, salah satunya untuk membuat masker wajah.

Sebagai bahan masker wajah, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu kandungan sekaligus manfaat dari minyak alpukat berikut ini:

1. Antioksidan pada minyak alpukat

Sebagaimana buahnya, minyak alpukat juga sangat kaya akan antioksidan, terutama, Vitamin E yang dikenal sebagai penolong yang sangat kuat dalam melawan proses penuaan kulit, melawan radikal bebas, dan melindungi sel-sel kulit dari oksidasi.

2. Omega-3 pada minyak alpukat

Minyak alpukat kaya akan Omega-3 yang sangat efektif dalam melindungi kulit dari sinar UV, mencegah munculnya bintik-bintik usia, dan mengurangi risiko kanker kulit.

Minyak alpukat juga sangat ideal untuk mereka yang berkulit kering, serta mengalami dehidrasi dan kerusakan kulit, karena bisa minyak alpukat dapat meregenerasi kulit, sekaligus meningkatkan elastisitas dan meremajakan kulit.

3. Vitamin pada minyak alpukat

Minyak alpukat kaya akan vitamin, seperti vitamin A, E, D, B1, B2, dan K. Jadi, selain bermanfaat untuk perawatan kecantikan kulit, vitamin-vitamin tersebut juga bermanfaat untuk seluruh tubuh.

Missalnya saja jika Anda ingin memperbaiki kondisi rambut, kuku, kulit, dan seluruh sistem pada tubuh, Anda bisa mengkonsumsi 1 sendok teh minyak alpukat sebanyak 2 kali sehari, dan dikonsumsi 30 menit sebelum makan. Kita bisa melakukannya setidaknya sekitar 1 bulan.

4. Sterolin pada minyak alpukat

Kandungan senyawa sterolin pada minyak alpukat, sangat berperan dalam membantu menghaluskan kulit dan mengurangi kerutan-kerutan di kulit, seperti pada dahi, pipi, dan lingkar mata.

Untuk hasil yang lebih efektif, Anda bisa menggunakan minyak alpukat pada ritual perawatan kecantikan wajah di malam hari dengan menambahkan 1 sendok teh minyak alpukat pada masker wajah alami buatan Anda sendiri.

Jika digunakan secara teratur maka sejumlah manfaat yang telah disebutkan di atas akan didapattkan pula pada kulit wajah.

Cara Membuat Minyak Alpukat

Bahan:

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat minyak alpukat

• 2 kg buah alpukat matang.

• 1 liter santan kelapa kental.

Cara membuat:

• Ambil daging buah alpukat, lalu masukkan pada blender. Kemudian tambahkan 1 liter santan.

• Nyalakan blender, dan biarkan hingga kedua bahan hancur dan tercampur rata. Pastikan tidak ada bagian yang menggumpal, serta campuran menjadi berbentuk pasta kental dengan warna yang merata.

• Tempatkan campuran yang sudah dibuat pada panci anti lengket. Panaskan dengan api kecil hingga sedang.

• Aduk terus campuran tersebut selama dipanaskan. Pastikan tidak ada bagian yang hangus/kering dan melengket pada dasar panci.

• Matikan kompor ketika campuran yang dipanaskan mulai mengeluarkan minyak alaminya. Selain ditandai dengan keluarnya minyak, juga ditandai dengan mulai habisnya air dan kelembaban pada campuran tersebut.

• Tuang campuran yang sudah jadi di atas kain bersih, lalu peras untuk memisahkan minyak dan ampas alpukat. Ketika diperas, minyak akan keluar dan menetes. Segera tampung setiap tetesan minyak dengan wadah bersih.

• Setelah minyak diperoleh, segera tempatkan pada wadah berpenutup rapat untuk menjaga daya tahan minyak alpukat tersebut. Minyak alpukat siap digunakan.

#Bahan-bahan Untuk Membuat Minyak Alpukat#Cara Membuat Minyak Alpukat#Fungsi Minyak Alpukat#Fungsi Minyak Alpukat Bila DIjadikan Bahan Masker Wajah#Fungsi Minyak Alpukat Untuk Melawan Proses Penuaan#Fungsi Minyak Alpukat Untuk Melawan Radikal Bebas#Fungsi Minyak Alpukat Untuk Menghaluskan Kulit#Fungsi Minyak Alpukat Untuk Mengurangi Kerutan#Fungsi Minyak Alpukat Untuk Mengurangi Risiko Kanker Kulit#Fungsi Minyak Alpukat Untuk Mmencegah Munculnya Bintik-Bintik Usia#Manfaat Masker Minyak Alpukat#Masker Wajah Dari Minyak Alpukat

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *